October 23, 2012

Profil Perusahaan : PT. Pyridam Farma Tbk.

SEJARAH SINGKAT PT. PYRIDAM FARMA, Tbk. 
PT. Pyridam didirikan pada tahun 1976 dan dikenal sebagai pabrik Veterinary. PT Pyridam didirkan oleh Bapak Sarkri Kosasih. Nama Pyridam terinspirasi dari Pyramid, salah satu dari keajaiban dunia yang tertua. Dengan harapan bahwa PT. Pyridam dapat berdiri kokoh layaknya pyramid yang tetap kokoh berdiri walaupun usianya mencapai ribuan tahun. Perusahaan ini terletak di Jakarta di Jalan Kemandoran VIII/16, Jakarta, 12210 dan merupakan kantor pusat dengan luas tanah 3.425 m2 dan luas bangunan 1.000 m2.

Gambar 1. Imudator
PT. Pyridam pada awalnya hanya sebagai distributor obat veteriner (obat-obat hewan), setelah itu PT. Pyridam mulai memproduksi sendiri produk veteriner untuk membantu para peternak untuk mengembangkan usaha mereka. Setelah 9 tahun berdiri, PT. Pyridam mulai mengembangkan usahanya dengan memproduksi produk-produk farmasi. Pada tahun 1993, didirikanlah PT Pyridam Veteriner yang terfokus pada produksi Veterinary. Sedangkan PT. Pyridam tetap fokus pada bidang farmasi sepeti memproduksi obat-obatan yang resepkan oleh dokter. Pada tahun 1994, produk usaha yang dijalankan oleh PT. Pyridam telah mendapatkan penghargaan dari departemen pertanian berupa gelar “partner with good performance”, atas usahanya membantu peternak dengan memproduksi obat-obat hewan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Pada tahun 2001, pabrik PT. Pyridam dipindahkan ke Pacet, Cianjur, Jawa Barat. Pabrik baru ini mempunyai luas 35.000 m2 yang memiliki desain artistik dengan manajemen yang menerapkan prinsip-prinsip CPOB. Pada akhir tahun 2000 terjadi peralihan kepemimpinan dari Bapak Kosasih kepada Bapak Handoko Boedi Sutrisno dan pada tahun 2001, PT. Pyridam mulai membuka kepemilikan sahamnya kepada publik sehingga statusnya menjadi PT. Pyridam Farma, Tbk. Selain telah menerapkan prinsip-prinsip CPOB 2006 untuk menjamin keseragaman mutu produknya, PT. Pyridam Farma, Tbk. juga telah mendapatkan Sertifikat ISO 9001 pada bulan Agustus 2005. ISO merupakan suatu jaminan mutu institut standar dengan pusat di Gewena Swiss, yang berhubungan dengan sistem manajemen dan standar pendukung sistem manajemen yang berfokus pada Quality Management. Pemberlakuan AFTA pada tahun 2008, menjadi pemicu bagi PT. Pyridam Farma, Tbk untuk menguasai pasar regional dengan produk-produk yang berkualitas dan harga yang kompetitif. Selain itu PT. Pyridam Farma, Tbk juga mulai memasarkan produknya ke hongkong diantaranya Famotidin dan Clindamisin HCl.
VISI DAN MISI
a. Visi
Menjadikan PT. Pyridam Farma Tbk. sebagai perusahaan terkemuka, dikenal dengan baik, dan dihormati baik di pasar domestik, regional ataupun internasional-dapat dipercaya dan diandalkan dalam produksi produk-produk farmasi yang berkualitas, dan inovatif
b. Misi
Menjadi perusahaan yang mampu memberikan pelayanan berlingkup regional, nasional dan internasional dengan produk yang inovatif serta berkualitas tinggi untuk memberikan kualitas hidup yang lebih baik, dengan tubuh dan mental yang sehat.
PANGSA PASAR 
PT Pyridam Farma Tbk. memasarkan produknya melalui 3 distributor berlevel Nasional dan 25 distributor local untuk dipasarkan di seluruh wilayah Indonesia. Semua produk PT Pyridam Tbk. terjual melalui resep dokter dan tidak ada produk yang dijual bebas (Over The Counter). PRODUK PT Pyridam Farma, Tbk. memproduksi berbagai macam produk farmasi, dari produk yang berbahan dasar kimia hingga produk yang berbahan dasar herbal; dari antibiotik hingga suplemen kesehatan. Hingga saat ini PT Pyridam Tbk. memproduksi 133 produk. Disetiap tahap produksi dan prosedur Quality Control/Quality Assurance, PT Pyridam Tbk. Secara ketat mengikuti standar cGMP. Sedangkan manajemennya sendiri menerapkan system yang sesuai dengan ISO 9001-2008. Hal tersebut dapat menjamin bahwa PT Pyridam Farma Tbk telah memenuhi standar intenasional. PT Pyridam Tbk. Tidak hanya memproduksi produk-produk farmasi milik Pyridam namun juga memproduksi untuk perusahaan farmasi lain dibawah perjanjian Toll Manufacturing.  
Gambar 2. Flutamol Kaplet

TENAGA KERJA
PT Pyridam Tbk. Mempekerjakan 649 orang yang berkompeten dan mempunyai keahlian dibidangnya masing-masing. Perusahaan juga membekalinya dengan pendidikan dan pelatihan-baik di pabrik atau pun diluar pabrik- dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi dari pekerja agar perusahaan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan konstribusi pekerja kami, PT. Pyridam Tbk. telah berkembang dan masuk dalam jajaran 40 besar perusahaan farmasi di Indonesia diantara lebih dari 200 perusahaan farmasi yang ada di Indonesia.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | Affiliate Network Reviews